PKM Lembang Asah Keterampilan Kader Posyandu Dengan Refresing di Pantai

Banniq.com, Majene

Untuk menyegarkan kembali pengetahuan para kader Posyandu akan penanganan masalah kesehatan di masyarakat. Puskesmas (PKM) Lembang menggelar rerfresing bagi kader Posyandu di wilayah kerjanya.

Kegiatan ini digelar di wisata pantai Munu, lingkungan Leppe kelurahan Lembang kecamatan Banggae Timur kabupaten Majene. Minggu, (20/8/17).

Menurut koodinator Posyandu PKM Lembang M. Irwinsyah mengatakan, acara ini juga merupakan penyusunan rencana kerja PKM Lembang dengan pihak kelurahan. Hal ini dilakukan agar kegiatan yang akan dilaksanakan PKM Lembang nantinya dapat sejalan dengan kegiatan di kelurahan.

“Intinya pada kesempatan ini kita juga berupaya menjalin silaturahmi dengan kader Posyandu dan pihak kelurahan
Karena bagaimanapun ujung tombak dari kesehatan masyarakat itu adalah kader Posyandu,” jelas Irwinsyah kepada wartawan di sela acara.

Kata dia, kegiatan ini juga merupakan bentuk motivasi PKM Lembang kepada kader Posyandu. Menurutnya, kegiatan seperti ini sudah berulang kali dilaksanakan, namun pada kesempatan ini, metode penyajiannya berbeda dengan kegiatan sebelumnya.

“Jadi ini merupakan metode baru, refresingnya ini dilakukan di Pantai Munu supaya para kader kita juga merasa betul -betul reflesing, sehingga nantinya lebih semangat bekerja,” urainya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa dalam refresing kader ini juga dilaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas kader. Pada kegiatan tersebut para kader dilibatkan dalam berbagai permainan yang menguji tingkat pengetahuan mereka.

“Beberapa lomba seperti
Kegiatan kader manarang, bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pengetahuan kader tentang penanganan masalah kesehatan masyarakat. sebab selama ini Puskesmas Lembang sudah sering memberikan penyuluhan, jadi disini kita bisa liat kemampuan para kader yang sebenarnya,” tandasnya.

Selain itu, Panitia juga melaksanakan permainan lomba balap balon dan hula hup.
Permainan tersebut, menurut Irwinsyah bisa menguji kemampuan kader bekerja sama  dalam menuntaskan masalah di lapangan.

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan peran serta kader dalam upaya pemeliharan kesehatan dan pencegahan penyakit serta dapat mendukung program kesehatan yang akan berlanjut nanti.

Untuk diketahui PKM Lembang saat ini memiliki 23 Posyandu dari 4 kelurahan di kecamatan Banggae Timur. Hadir dalam kegiatan tersebut Hj Nurdianti LM Noor (Pet. Gizi) Narti (promkes) Lurah Labuang
Lurah Lembang, Lurah Baurung
Kader posyandu dan beberapa staf PKM Lembang.(cha/smd)

Berita Terkait: