Polda Sulbar Gelar Dialog Pilkada Damai

20161017_092518

Banniq.com.Sulbar

Upaya Polda Sulbar sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam hal pengamanan Pilgub Sulbar, untuk mencipatan Pilkada Sulbar yang damai. Untuk mewujudkan hal tersebut, Polda Sulbar mengundang Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Penyelenggara dan tokoh pendidik Dalam kegiatan Diskusi Publik tentang Pilkada Damai, Senin, 17/10, Dia Aula Mapolda Sulbar.

Dalam presentasenya Kapolda Sulbar Brigjend ( Pol) Lukman Wahyu Harianto,S.IK. menyampaikan bahwa Polda Sulbar dalam kaitan dengan pengamana Pilgub Polfa Sulbar melaksanakan Strategi Pengamanan menggunakan beberapa pendekatan antara lain Pendekatan perpolisian masyarakat yang mengedepankan babinkamtibmas.

Kedua kata Lukman yakni Deteksi dan antisipasi dini serta pemetaan potensi kerawanan gangguan kamtibmas jelang, selama dan pasca pilkada.

Kemudian selanjutnya masih kata Jendral Bintang Satu ini yakni Kerjasama lintas instansi serta kordinasi dalam pengamanan Operasi  mantap.

Poin berikutnya yakni Penegakan hukum tindak pidana pilkada dan terakhir Deklarasi pilkada damai.” Strateģi inilah yang jadi pedoman Polda dalam menjaga Kamtibmas selama pilgub, dan diharapkan kepada semua pihak untuk sama-sama mencipatakan pilgub yang damai, tidak terkecuali teman-teman wartawan,” Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, ketua  KPU Sulbar Usman Suhuriah,S.Pd, M.Si juga berharap agar Pilgub Sulbar berlangsung secara Damai. Secara teknis Kata Usman selaku Penyelenggara KPU punya koridor tersendiri dalam hal pelaksanaan pilgub. Proses pelaksanaan pilgub tersebut kata Usman, KPU berdasarkan Tahapan pelaksanaan.” Kami berharap pada semua tahapan pilgub Masyarakat dapat berperan aktif dalam pengawasan pilgub,” Urai Usman.   Sementara itu Reķtor Unika Muh.Syahrir mengatakan bahwa  Dari aspek bagaimana sesungguhnya Kedamaian bisa tercipta dalam pilgub, terpulang bagaimana penyelenggara itu bisa betùl-betul menegakkan aturan.” Mewujudkan pilgub yang damai,  Penyelenggara Harus Menegakkan Aturan secara tegas,” Bebernya.

Terkait keterlibatan masyarakat secara maksimal dalam pilgub 2017, ketua Bawaslu Sulbar, Busrang Riyandi mengatakan bahwa penyelenggara tdak berarti apa- spa bila tdak didukung oleh Masyarakat.” Bawaslu bukan apa-apa dan tidak berarti apa-apa bila tidak didukung oleh semua komponen Masyarakat,” Pungkas Busrang( smd)

 

(smd)

Berita Terkait: