PPNI Mamuju Canangkan 1 Desa 1 Perawat

Banniq.Com.Mamuju. Kesehatan adalah investasi terbaik untuk masa depan bangsa yang lebih cerah khususnya di wilayah pedesaan Kabupaten Mamuju, Untuk mewujudkannya, maka diperlukan penguatan akses pelayanan kesehatan di Daerah khususnya wilayah pedesaan yang masih sulit diakses. Melalui maksimallisasi peran tenaga Kesehatan seperti Perawat.

Profesi perawat di  Kabupaten Mamuju cukup banyak, dan bila dikasi peran yang lebih besar oleh Pemerintah maka layanan kesehatan masyarakat terutama yang berdomisili di daerah pedesaan akan semakin baik.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonrsia (PPNI) Kabupaten Mamuju,  Ners.Syaharuddin.,S.Kep, pada Laman ini,Selasa(13/3/2018)  menyadari  pentingnya akses kesehatan untuk wilayah pedesaan Kabupaten Mamuju.” PPNI  berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan  ke masyarakat pedesaan,  sekaligus menjaga keberlangsungan pelayanan keperawatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat pedesaan serta dapat memberikan pelayanan keperawatan untuk menciptakan masyarakat pedesaan yang sehat, madiri dan berkeadilan,” Ujarnya.

Terselenggaranya Kesehatan Masyarakat khususnya pedesaan  sebut Syaharuddin tidak hanya pada kegiatan rehabilitatif tetapi juga kuratif, promotif dan preventif, atas dadar PPNI  telah mengusulkan kepada Pemerintah Program satu Desa satu Perawat,” Timpalnya.

Program 1 Desa 1 Perawat  masih Syaharuddin,  merupakan salah satu bentuk kegiatan  untuk  mendekatkan pelayanan kesehatan/ keperawatan terhadap masyarakat pedesaan.

Tujuan lainnya sambung Syaharuddin, adalah  untuk mendekatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan /keperawatan dasar di pedesaan juga sekaligus menjaga keberlangsungan pelayanan keperawatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat pedesaan serta dapat memberikan pelayanan keperawatan yang mampu menciptakan masyarakat pedesaan yang sehat, mandiri dan berkeadilan dan terselenggaranya Kesehatan Masyarakat khususnya pedesaan yang fokus tidak hanya pada kegiatan rehabilitatif tetapi juga kuratif, promotif dan preventif.

” perlu diketahui bahwa Program Program 1 Desa 1 Perawat ini merupakan program lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada Pemerintah Daerah Kabupaten /Kota, antara lain : Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Badan Kepegawaian Daerah, Bagian Hukum Sekretarist Daerah, dan lain-lain,” Timpalnya lagi.

Selain itu Program ini merupakan kolaborasi Undang–Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dengan Undang–Undang No.38 tahun 2014 tentang Keperawatan.

”  Program Satu Desa Satu Perawat tentunya sangat membutuhkan keseriusan dan  dukungan Pemerintah Kabupaten Mamuju.,” Pungkasnya(smd)

Berita Terkait: