Presiden Joko Widodo Serahkan SK Gelar Pahlawan Nasional untuk Hj.Andi Depu di Istana Negara

Suasana Penyerahan SK Gelar Pahlawan Nasional kepada 6 Pahlawan Nasional di Istana Negara.(photo:repro)

BANNIQ.COM.Jakarta. Setelah penantian panjang Keluarga besar, dan seluruh masyarakat Sulbar atas Gelar Pahlawan Nasional sang Pejuang di Tanah Mandar, Hj.Andi Depu, terealisasi sudah setelah hari ini, Kamis (8/11/2018) jam 14.00 Presiden Joko Widodo menyerahkan SK penganugerahan Gelar pahlawan Nasional untuk Hj.Andi Depu kepada pihak keluarga pejuang yang bergelar Ibu Agung tersebut, di Istana Negara.

Gubernur Sulbar Drs.HM Alibaal Masdar bersama piagam penganugerahan pahlawan Nasional kepada Hj.Andi Depu(photo:repro)

Penetapan Hj.Andi Depu sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 123/TK/2018 Tanggal 6 November 2018.

Melalui sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan pemberian penghargaan tersebut kepada tokoh-tokoh yang telah berjuang mengangkat senjata melawan penjajah.” Penghargaan ini diberikan kepada tokoh-toloh yang telah berjuang mengangkat senjata/melakukan perlawanan kepada penjajah,” Jelasnya.

Gubernur Sulbar, Drs.HM.Alibaal Masdar bersama cucu Hj.Andi Depu, Aco Parenrengi Depu, Andi Taufan Parenrengi Depu, Dr. Yundini Husni Djamaluddin, PLT Kadis Sosial Pemprov Sulbar, Bau Akram Dai,SE;M.Si dan Staf Ahli Gubernur Sulbar, Nero Leo Adriani.(photo:repro)

Terkait proses panjang pengusulan Hj.Andi Depu sebagai Pahlawan Nasional, yang SKnya telah diserahkan hari ini, kata Gubernur Sulbar, Drs.HM.Alibal Masdar Usai acara penyerahan SK mengatakan, pengusulan  tersebut melalui proses yang panjang selama beberapa  tahun.”

“Pengusulan ini  melalui proses yang panjang +/- 3 tahun, kita patut bersyukur ke Hadirat Allah Subhahuwataalah, dan terimah kasih setinggi-tingginya kepada Presiden Repbuklik Indonesia  atas penganugerahan ini, ada banyak tokoh pejuang asal Mandar, akan segera diusulkan 1-2 orang lagi sebagai pahlawan nasional,” Urainya.

Masih ABM, Perjuangan dalam mengusulkan Ibu Agung Hj.Andi Depu sebagai Pahlawan Nasional itu tidak mudah, Sangat panjang waktu yang ditempuh, banyak kriteria,  persyaratan dan prosedur yang harus dilalui hingga akhirnya resmi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Gubernur Sulbar,Drs.H.M Alibaal Masdar, Aco Parenrengi Depu, Andi Taufan Parenrengi Depu, Dr.Yundini Husni Djamaludfin dan kepala Badan Penghubung Pemprov Sulbar di Jakarta,Andi Ahmad Revy seusai acara penyerahan SK penganugerahan Gelar pahlawan Nasional untuk Hj.Andi Depu di Istana Negara(photo:repro)

Dengan ditetapkannya Ibu Agung Hj.Andi Depu sebagai  Pahlawan Nasional, Sambung ABM,  maka hal ini menjadi spirit dan penyemangat untuk kedepannya mendorong tokoh-tokoh yg ada di Sulawesi Barat untuk diusulkan, didorong dan disupport agar dapat mengikuti jejak Ibu Agung Hj.Andi Depu.

Dan kepada Keluarga besar Hj.Andi Depu ABM juga berpesan untuk tetap menjaga marwah Hj.Andi Depu.

” Kepada segenap Keluarga Besar Ibu Agung Hj.Andi Depu Gubernur Sulbar  agar “marwah” Ibu Agung Hj.Andi Depu sebagai Pahlawan Nasional agar tetap dijaga dengan sebaik-baiknya,” Pungkas Gubernur yang dikenal sebagai pemerhati Sejarah dan kebudayaan ini.

Sementara itu, PLT Kadis Sosial Andi Bau Akram,SE;M.Si, juga mengungkapkan kesyukuran dan terima kasih atas penghargaan gelar pahlawan tersebut., yang dinilainya sebagai Kado terindah yang diberikan Presiden kepada Keluarga besar, masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

” Syukur  kepada Allah subhanuhuwataalah, dan trimakasih keluarga besar, masyaraksat dan Pemprov Sulbar kepada presiden atas penganugerahan ini, moga nilai-nilai kejuangan Hj.Andi Depu dapat kita teladani dalam menjalankan tugas kita masing-masing,” Pungkasnya.

Penyerahan SK Gelar pahlawan Nasional ini diterima pihak keluarga yakni Aco Parenrengi Depu dan Andi Taufan Parenrengi Depu.

Sejumlah pejabat dan tokoh nasional hadir dalam kegiatan ini, Antara lain  Wapres Jusuf Kalla, Pimpinan MPR, DPR, DPD RI, Ketua BPK, Para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Para Kepala Staf Angkatan, Para Gubernur dan Keluarga Ahli Waris Pahlawan Nasional, Sejarawan Dr.Anhar Gonggong dan Tokoh Sulbar di Jakarta, Dr.Yundini Husni Djamaluddin.(smd)

Berita Terkait: