PT Pasangkayu Diduga Serobot Tanah Adat Suku Bunggu

Banniq.com.Pasangkayu

Selain di duga merambah kawasan Hutan Lindung, PT. Pasangkayu juga di tuding menyerobot tanah adat Suku Bunggu (Suku Terasing Mamuju Utara). Hal tersebut terlihat saat ratusan Suku Bunggu beberapa waktu lalu melakukan aksi demo di kantor DPRD Mamuju Utara.

Karena tidak puas dengan jawaban dari DPRD Matra, Ratusan Masyarakat Adat Suku Bunggu Kemudian menduduki lahan perkebunan kelapa sawit yang di klaim warga sebagai tanah adat yang selama ini di kuasai oleh Pt. Pasangkayu  ( Anak Perusahan Astra Group).

Pak Jaya Kepala Desa Pakava, mengaku beberapa tahun silam dirinya saat itu mengelola tanah adat yang dikelola secara turun temurun, namun di usir paksa dari lokasi oleh pihak perusahan”.

“tak hanya di usir paksa dari tanah adat yang kami kelola secara turun temurun, tapi gereja tempat kami beribadah juga di gusur pihak perusahan, saat itu kami tidak melawan karena saat itu kami takut dan tidak mengerti bahasa Indonesia”. Terang Pak Jaya.

Pak Jaya. Menambahkan, kalau pihak Pt. Pasangkayu benar merampas hak kami suku Bunggu maka kembalikan hak kami sebagai masyarakat adat karena disitu sangat jelas”. Tegas pak Jaya.(joni/s)

 

Berita Terkait: