Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir Di Bambalamotu

banjir-luapan-012_0001

banniq.com.Matra

 

Akibat intensitas hujan yang tinggi sejak dua hari terakhir, puluhan rumah warga di dusun banu – banua desa kalola kecamatan bambalamotu kabupaten mamuju utara provinsi sulawesi barat, terendam banjir setinggi 70 cm. selain merendam puluhan rumah warga jalan penghubung antar desa juga ikut terendam banjir.

 Banjir yang terjadi di dusun banu – banua selasa malam merendam puluhan rumah warga akibat luapan sungai kalola, selain luapan sungai kalola banjir juga dipicu dengan buruknya drainase pengairan persawahan akibatnya jalan penghubung antar desa sepanjang 1 kilo meter juga terendam banjir hingga 50 cm.

 Selain merendam puluhan  rumah warga banjir juga merendam mesjid dan sekolah yang berada di dusun banu – banua, sementara warga mengaku banjir yang terjadi setiap tahun ini cukup meresahkan warga setempat. namun warga hanya bisa pasrah dan berharap pemerintah dapat memperbaiki saluran drainase dan penguatan tanggul.

 Samsuddin warga dusun banu – banua mengatakan, banjir terjadi karena buruknya drainase persawahan dan juga tidak adanya tanggul penahan luapan sungai kalola. sehingga setiap musim hujan tiba air sungai meluap dan masuk kepemukiman warga.

 “ini karena buruknya draenase persawan sehingga air meluap ditambah dengan sungai kalola yang tidak ada tanggul sehingga setiap musim hujan tiba air masuk ke dalam rumah warga, “saya terkadang mengungsi pak ke rumah keluarga karena air masuk kedalam rumah saya. Tegasnya (smd/joni)

Berita Terkait: