Rahim: Realcount Adalah Wujud Prinsif Transparansi

Rahim NASDEM 20170218_092501

Banniq.com.Sulbar

Sajian informasi hasil sementara pilgub Sulbar dengan   sistim IT yang digunakan oleh KPU dalam Mengupdate setiap detik perolehan suara melalui Realcount, ditanggapi positif Tim ABM-Enny.Sekertaris Tim Koalisi ABM-Enny, Kepada laman ini,Sabtu, 18/2.Abd.Rahim

Mengatakan bahwa System informasi yang tengah berjalan di KPUD Provinsi Sulawesi Barat, buat Tim ABM-Enny sangat patut diapresiasi sebagai pengejawantahan prinsif-prinsif transparansi dan akuntabilitas publik terkait penyelenggaraan Pilkada yang berkualitas. ” Ini pengejewantahan prinsip transparansi dan akuntabilitas yang dijalankan KPU dalam proses penyelenggaraan Pilgub, ini patut kita hargsi dan apresiasi,” Ujar Ketua Lomisi IV DPRD Sulbar ini.

Dilsnjutkan Rahim bahwa System itu sudah didesain sedemikian rupa agar publik bisa dan mudah mengakses secara cepat perolehan suara di antara semua Paslon. Bukan dirancang dan diaplikasikan secara serampangan sehingga berpotensi menguntungkan calon tertentu.

” Proses infut data melalui Tim IT KPUD jelas berbasis pada C1 sebagai data original yang dikirim melalui KPUD-KPUD kabupaten, namanya juga Real Count. Saya fikir, selama ini semua Paslon dan Tim Pemenangan sering kali menyatakan bahwa kita tunggu saja proses perhitungan realcount KPUD, ” Imbihnya.

sebagai institusi yang memiliki otoritas, kata Rahim  atau legal standing dalam melakukan perhitungan dan rekapitulasi suara. Oleh karena, kami Tim ABM-Enny tetap memberikan legace kepada KPUD untuk tetap menjadikan System Perhitungan C1 (Portal) sebagai bahagian tak terpisahkan dan atau salah satu dasar dalam perhitungan C1 mulai TPS, PPK dan KPUD Kabupaten. Keliru besar KPUD kalau sampai ada pemikiran dan upaya untuk mengabaikan begitu saja.

” Jadi, data yang telah disajikan di Portal KPUD jangan terlalu dini disalahkan apalagi dianggap mengandung unsur yang mencurigakan, apalagi sampai dikesankan menguntungkan paslon tertentu. ” Tambahnya.

Untuk itu kata Rahim, sebaiknya masyarakat bersabar menunggu, tahap perhitungan tingkat KPUD provinsi Sulawesi Barat untuk kemudian saling mengkroscek atau mencocokkan data C1 yang dipegang oleh saksi masing-masing Tim Paslon.

” Kami tetap konsisten dan komitmen meyakini bahwa seluruh anggota KPUD akan sungguh-sungguh menjaga profesionalisme, integritas dan netralitas demi terwujudnya penyelenggaraan Pilkada Gubernur yang demokratis berlandaskan kaedah-kaedah hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.,” Pungkas Ssekertsris Partai Nasdem Sulbsr ini.(samad)

Berita Terkait: