Rutan Mamuju Over Kapasitas, Sekira 60% Dihuni Napi Narkoba

Ka.Rutan Kelas II B Mamuju,Abd.Rahman(photo:bnq)

BANNIQ.COM.Mamuju. Kapasitas Hunian Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Mamuju, saat ini mengalami kelebihan Hunian(Over Kapasitas). Kepala Rutan Kelas II B Mamuju, Abd.Rahman, Minggu(22/7/2018) menguraikan jumlah warga binaan Rutan Mamuju saat ini berjumlah 270 orang, melebihi standar hunian yang hanya bisa menampung 140 orang.” Rutan kita mengalami over kapasitas beberapa bulan terakhir saat ini kita menampung 270 Napi, padahal kapasitas standar hanya 140 Orang dan sekitar 60 % dihuni Napi Narkoba yakni 160 orang,” Terang Abd.Rahman.

Atas kondisi tersebut itu pula, Sambung Rahman   Blok tahanan Narapidana Narkoba yang semestinya terpisah dari Blok Napi Tidak Pidana lain, namun karena kondisi yang over kapasitas terpaksa sementara disatukan.” Semestinya dipisahkan Blok tahanan Napi Narkoba dengan Napi Tindak pidana lain, tetapi karena kondisi yang over kapasitas, untuk sementara kita satukan dulu,” Timpalnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dirinya kerap berkomunikasi dengan pihak pemerintah baik Pemkab maupun Pemprov guna membangun pemahaman bersama tentang bagaimana upaya pengurangan atau pencegahan tindak pidana itu yang dikedepankan, karena kalau pendekatan hukum atau pidana yang terus dilakukan maka penjara akan penuh.” Kami biasa komunikasi  dengan Pemerintah di sini, agar dalam memerangi tindak pidana kita kedepankan pencegahannya, seperti tindak pidana narkoba,  karena kalau pendekatan pidana terus dilakukan maka penjara kita akan penuh,” Pungkasnya(smd)

Berita Terkait: