Sambut Pilgub, KPU Matra Siapkan 271 Tenaga Pemutakhiran Data

P_20160828_153549

Banniq.com.Pasangkayu –

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Matra telah merekrut sebanyak 271 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk pilgub Sulbar mendatang. Mereka akan ditugaskan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam rangka pemutakhiran daftar pemilih tetap (DPT) di kabupaten paling utara Sulbar ini.

Guna semakin memantabkan persiapan sebelum melakukan coklit, ke 271 PPDP ini telah mendapat pembekalan melalui bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh KPU  Matra selama dua hari berturut-turut.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Matra Ishak Ibrahim menyampaikan bahwa dalam melakukan coklit, PPDP harus betul-betul cermat dan teliti, apa lagi data DP4 terbaru sangat jauh berbeda dengan data DPT Matra saat pilkada serentak yang lalu.

Kata dia, ada empat poin yang menjadi pedoman PPDP selama menjalakan tugas yakni, memastikan pemilih ada atau tidak ada,kemudian mencoret pemilih jika tidak ada ditempat, meninggal atau pindah domisili dan beralih status.

Selanjutnya, memperbaiki DPT yang telah ada pada Pilbup 2015 lalu, terakhir memastikan penduduk yang tidak terdaftar di DPT  Pilbup lalu, dengan mendaftarkan warga yang telah memenuhi syarat secara administrasi sebagai pemilih.

” Kami akan mendorong teman-teman PPDP untuk mencari NIK pemilih, karena pada pemilihan Bupati tahun lalu banyak pemilih tidak memiliki NIK, dan kami memberikan jangka waktu 30 hari kepada seluruh PPDP untuk memutakhirkan data pemilih ” terang Ishak Ibrahim.

Petugas PPDP yang direkrut ini sendiri berasal dari semua elemen masyarakat, baik itu kepala dusun, pegawai honorer, mahasiswa maupu ibu rumah tangga yang memiliki tekad menyukseskan Pilgub Sulbar 2017 mendatang.

“Kami sangat mengharapkan kepada 271 PPDP yang telah direkrut untuk bekerja secara profesional dan mampu merampungkan segera data pemilih yang telah dimutakhirkan, kemudian di setor ke kami untuk selanjutnya akan dimasukan kedalam DPT pilgub Sulbar” tambah Ishak. (Smd/joni)

Berita Terkait: