Satker P2LP laksanakan Wokhsop Road Map PPSP

20161207_153919

Banniq.com.Mamuju

Upaya percepatan Pembangunan Sanitasi Perkotaan ( PPSP) secara terpadu di Kabupaten yang difasilitasi oleh Satuan Kerja Pengembangan Dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman  Provnbsi Sulawesi Barat, terus dikembangkan melalui  Workshop Penjaminan Mutu Dan Roadmap PPSP, Rabu, 7/12, di D Maleo Hotel.

Kepala Satker Pengembangan Dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (P2LP) Sulbar,Rusli,ST;MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa, mengigat kebutuhan sanitasi dan lingkungan yang sehat adalah kebutuhan  Dasar Manusia, untuk itu kata Rusli Pengembangan sanitasi di Sulbar  perlu dilakukan secara terpadu di masing-masing Kabupaten melalui Pembuatan Roadmap PPSP.

Masih kata Rusli, Di Sulbar sudah 5 Kabupaten Minus Mateng telah memiliki Roadmap PPSP, dan untuk Tahun 2017 diharapkan kata Rusli semua Kabupaten sudah memilki Roadmap PPSP.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan sistim sanitasi di Daerah Kabupaten kata Rusli nantinya akan terbentuk tim terpadu yang  beranggotakan sekda , Dinas PU, Bappeda, Dinkes, BLH, dan Dinas Pendidikan.” Kesemua Komponen inilah yang diharapkan menjadi tim pe ngembangan sisitim sanitasi di Kabupaten, Satker hanya menfasilitasi dan mengsuffort sepenuhnya melalui komunikasi penanganan  sanitasi agar  bisa berjalam sesuai hasil buku yg telah kita sepakati,” Terang Rusli.

Untuk tahun 2017, kata Rusli Satker berharap kepada semua Kabupaten untuk dapat, menjalankan sistim sanitasi tersebut sesuai anggsran talangan yang disiapkan.” Kami berharap program pengembangan sanitasi di Kabupaten tidak seperti tahun lalu, tahun depan kami berharap program tersebut tidak jalsn hsnya karena minimnya anggaran yang disiapjan Kabupaten,” Pungkas Rusli.

Pada kesempatan yang sama, kepala Dinas PU Dan Perumahan Sulbar, Ir.Nazaruddin M.Si, yang membuka kegiatan ters ebut mengatakan bahwa berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pada  tahun 2019 nanti, ketersediaan sarana Air bersih, Sanitasi dan Pemukiman yang sehat, diharapkan terlaksana pada tahun depan. Upaya pencapaian tersebut jata Nazaruddin biasa disimbolkan dengan 100  0 dan O. ”  Capaian 100. 0 dan O dapat tercapai bila semua pihak mendukung,  100 yang berarti semua masyarakat Sulbar sudah 100% yang menikmati Air bersih…kemudian O tang pertama artinya  pada tahun 2019 tidak ada lagi pemukiman kumuh?l,  Kemudian 0 yang kedua berarti  tidak ada lagi  lingkungan yang tidak sehat/bersih pada tahun 2019.

Meskipun demikian, Nazaruddin mengakui capaian target , masih rendah misalnya untuk sanitasi, saat ini  capaiannya baru 46.4% dari target 64%,.kawasan kumuh. Baru berkisar .61.88%  dari target .85%. Kemudian untuk persampahan capaiannya baru berkisar  24,9%..dari target 80%(smd)


Berita Terkait: