Satker Pembiayaan Perumahan,Gelar Sosialisasi Kebijakan dan Prognas Bidang Perumahan

 

 

Kepala Dinas PKP Sulbar,Ir.Bebas Manggazali,M.Si. saat membuka sosialisasi kebijakan dan prognas perumahan ditandai dengan pemukulan Gong(photo:dok)

BANNIQ.COM.Sulbar. Satuan Kerja (Satker) Dekonsentrasi Sub Bidang Pembiayaan Provinsi Sulawesi Barat, menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan dan Prognas Bidang Perumahan, Kamis(11/10/2018), di Hotel D Maleo Mamuju, dibuka oleh Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman(PKP)  Sulbar, Ir.Bebas Manggasali,M.Si, diikuti 35 peserta yang berasal dari Dinas PKP  dan Anggota Pokja Kabupaten serta Anggota pokja Provinsi Sulbar.

Ketua panitia, Hj.Suriana,Z.ST;MM melalui sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut berpijak padà Kepmen PUPR Nomor 551 Tahun 2018 tentang Juknis Pedoman Dana Dekonsentrasi Pembiayasn Perumahan.

Ketua Panitia Sosialisasi Kebijakan dan Prognas Bidang Perumahan Provinsi Sulbar(photo:smd)

Tujuan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi tersebut, sambung Hj.Suriana adalah untuk memberi pemahaman tentang arah kebijakan program-program terkait pembiayaan perumahan. Tujuan selanjutnya yakni yakni memperoleh pemahaman terkait konsep dan teknis pelaksanaan kegiatan pendamping Pilot Project pendataan Rumah ASN dan Pembiayaan Swadaya Mikro Perumahan (PSMP).

Di tempat yang sama Kepala Sub Direktorat Strategi Pembiayaan dan analisa Pasar Perumahan, Direktorat Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR,R.Haryo Bekti Martoyodo,ST;M.Sc mewakili Dirjen Pembiayaan Perumahan, menyampaikan bahwa upaya pemerintah untuk mengurangi Backlog perumahan dilakukan dalam berbagai program salah satunya adalah program sejuta rumah.

Untuk menjalankan program tersebut, Pemerintah melalui Kementerian PUPR khususnya direktorat Jendral Pembiayaan Perumahan menyusun kebijakan tentang sistim pembiayaan Perumahan untuk membantu masyarakst dalam mengatasi masalah pembiayaan Perumahan ďi Daerah.

Untuk Provinsi Sulbar Sebut Haryo Bekti, yang tahun ini diberikan kewenangan untuk menjalankan kegiatan pembiayaan perumahan sebagai Pilot Project Pendataan Kebutuhan Perumahan bagi ASN dan Pembiayasn Swadaya Mikro Perumahan(PSMP).

Untuk itu kata Haryo, melalui kegiatan sosialisai kebijakan dan Prognas Bidang perumahan dapat menghasilkan output yang dapat menjadi dasar terfasilitasinya kebutuhan pembiayaan perumahan di daerah.

Sementara itu, Kadis PKP Sulbar, Ir.Bebas Manggazali,M.Si yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa kebutuhan akan perumahan sebagai Kebutuhan dasar Manusia, untuk itu Pemerintah, baik Pusat maupun Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota harus bersinergi untuk memikirkan persoalan perumahan di daerah.

Kemudiaan untuk memaksimalkan program untuk menyelesaikan persoalan perumahan, khususnya pembiayaan perumahan kata Bebas, untuk Provinsi Sulbar mendapatkan pilot project Pendataan Perumahan ASN dan Pembiayaan  Swadaya Mikro Perumahan (PSMP).

Untuk pilot project tersebut masih kata Bebas, Mamuju sebagai Ploting Program diharapkan mempersiapkan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan tersebut.

” Mamuju sebagai ploting program Pendataan Kebutuhan Perumahan ASN dan Pembiayaan Swadaya Mikro Perumahan (PSMP, diharapkan mempersiapkan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan pendataan perumahan bagi ASN, dan PSMP mengingat deadline waktu pendataan ini hanya sampai bulan November,” Harapnya.

Kemudian untuk peserta Sosialisasi, Bebas juga berharap agar percepatan pendataan kedua pilot project tersebut, peserta diharapkan berpartisipasi aktif dalam memberi saran dan masukan.

” Kami berharap kepada peserta untuk berpartisipasi aktif dan memberi sumbang saran dan masukan bagi percepatan program pendataan tersebut,” Pungkasnya.(smd)

 

 

 

Berita Terkait: