Satker SNVT Penyediaan Perumahan Sulbar Gelar Rakor I Fasilitasi Pokja

 

BANNIQ.COM.Sulbar. Upaya meningkatkan kemandirian Pokja PKP sebagai Wadah kordinasi yang Multi Stake holder dalam rangka Pembangunan dan pengembangan Perumahan, Satker SNVT Penyediaan Perumahan Sulbar menggelar Rakor I Fasilitasi Pokja PKP Tahun 2018, selasa(8/5/2018) di Hotel Pantai Indah Mamuju, dihadiri  Kepala Bidang Perumahan Dinas Perkim Sulbar, Drs.M.Rusgan,MM Kepala Satke4 SNVT penyediaan Perumahan Sulbar, Yastrib Tasim Saleh,S.T; M.Si dan anggota Pokja PKP Sulbar serta peserta Rakor dari Bidang Perumahan Kabupaten Se Sulbar.

Kabid Perumahan, Drs.M Rusgan,MM  yang mewakili Kepala Dinas Perkim Ir.Bebas Manggasali yang berhalangan hadir karena mengikuti Musrembang Nasional di Jakarta, Mengatakan bahwa persoalan pengembangan dan pembangunan  perumahan di setiap daerah dan terkhusus Sulbar masih memiliki permasalahan dari aspek pemanfaatan. Olehnya Ia berharap ke depan persoalan tersebut dapat diselesaikan secara bersama-sama.” Persoalan yang masih sering kita   hadapi dalam pengembangan dan pembangunan Perumahan, yakni pemanfaatan fasilutas perumahan tersebut, biasanya rumah telah dibangun te5api tidak ada penghuni, walaupun ada pasti tidak betah karena minimnya fasilitas seperti lampu mauoun air bersih,” Ujar Rusgan.

Olehnya untuk mengatasi masalah tersebut Pokja PKP sebut Rusgan, perlu semakin berperan dalam mengawal dan melakukan kontrol terhadap proses dan hasil Pembangunan dan Pengemvangan Perumahan.” Sebagai wadah kordinasi Pokja mesti berperang besar dalam melakukan monitoring  dan pengawasan serta membangun komunikasi dengan pihak terkait, untuk menghasilkan pengembangan dan  pembangunan perumahan yang lebih baik,” Imbuhnya.

Terkait kebutuhan perumahan oleh masyarakst di Sulbar sambung Rusgan, kondisinya hampir sama dengan kota lainnya, apalagi Posisi kota Mamuju sebagai kota urbanisasi yang mempengaruhi tingkat  kebutuhan perumahan.

Masih Rusgan, untuk RP3KP Sulbar, saat ini pihak Dinas Perkim Sulbar telah menganggarkan di APBD Sulbar Tahun 2018 penyusunan RP3KP Sulbar.”  Guna memaksimalkan perencanaan pengembangan dan pembangunan perumahan di Sulbar, tahun ini kita akan buat RP3KP untuk 4 Kabupaten di Sulbar karena dua Kabupaten lainnya sudah disusun tahun lalu, Tahun ini penyusunan RP3KP Sulbar kita kerjasamakan dengan Pihak Unsulbar,” pungkasnya.

Narasumber dari Pusat pada Kegiatan Rakor I ini, antara lain Sufial Siddik Harahap,  Supardi dan  Tintin Agustini(smd)

Berita Terkait: