Seminar Budidaya Burung Walet, Dihadiri Puluhan Pengusaha

p_20160918_104137

Banniq.com.Pasangkayu

Budidaya sarang burung walet di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) kian diminati sejumlah pengusaha, selain harga dari sarang burung walet yang mencapai jutaan dan bahkan menempuh harga hingga belasan juta rupiah membuat pengusaha yang ada di ujung utara Sulbar ini kian serius menekuni bisnis sarang burung walet.

Keseriusan sejumlah pengusaha sarang burung walet di kabupaten mamuju utara terlihat setelah mendatangkan konsultan walet asia tenggara Drs. Arief Budiman yang melakukan seminar disalah satu hotel dikota Pasangkayu (Matra) minggu 18/9 di hadiri puluhan pengusaha sarang burung walet. selain pengusaha lokal, pengusaha dari luar Matra seperti dari daerah Bulukumba, Pinrang, Siwa, Karossa juga turut hadir dalam seminar tersebut.

Drs. Arief Budiman. Konsultan Burung Walet Asia Tengara, Mengatakan. Budidaya sarang burung walet dikabupaten mamuju utara ini sangat menjanjikan, karena selain daerah ini curah hujannya tinggi, faktor lain juga mendukung. Seperti adanya perkebunan kelapa sawit karena burung walet ini tidak akan kekurangan makanan dengan adanya sawit dan daerah ini juga masih asrih, tandasnya.

“dengan adanya seminar ini tujuannya untuk memberikan pencerahan kepada pengusaha sarang burung walet agar jangan sembarang mendesain gedung karena desain gedung itu adalah yang paling utama. “kalau dulu desain gedung sembarang walet bisa masuk contohnya banyak walet yang bersarang di gedung sekolahan, perkantoran dan lain – lain itu karena walet yang mecari gedung, sementara sekarang gedung yang mencari walet itu karena banyaknya peminat budidaya sarang burung walet.

Adanya stikma negatif tentang budidaya walet yang berkaitan dengan mistis, Arief Budiman konsultan burung walet asia tenggara mengatakan, “itu tidak benar, walet itu tehnik bukan mejik dan saya sudah buka website duniawalet.co.id itu bisa diakses dan disitu lengkap karena sering di update informasinya, karena walet ini sama dengan ternak lainnya kalau desain tempatnya bagus, sejuk maka walet akan masuk. Himbuhnya.

Sementara itu Agus yang juga salah satu dari pengelola website duniawalet.co.id mengatakan, semua kembali kepada sebab akibat kalau tempatnya benar maka hasilnya akan bagus juga, artinya kuasai ilmu jemput suksesmu karena dengan tingginya harga sarang burung walet ini juga akan menunjang perekonomian di daerah karena putaran uang akan berada di daerah.

“untuk desain gedung sarang burung walet tidak perlu mahal – mahal yang penting desainnya benar, dengan adanya seminar ini masyarakat sudah bisa mendapat pencerahan tentang bagaimana mendesain gedung agar burung walet bisa menghasilkan. Tegasnya.

Sementara Herman panitia seminar sarang burung walet. Mengatakan, dengan adanya seminar ini akan menjadi pencerehan bagi pengusaha sarang burung walet di matra, kedepan kita rencanakan akan membuat KUD untuk menampung sarang burung walet yang sudah dipanen oleh pengusaha walet demi memenuhi permintaan sarang burung walet dari luar negeri. Terang Herman. (Smd/joni)

 

 

Berita Terkait: