Tahun 2018, BBPJN XIII Makassar Selesaikan Pembangunan Akses Jalan Puluhan Kilometer di Sulbar

Kepala BBPJN Wil XIII Makassar, Ir.Miftachul Munir, MT(tidak berkacamata) bersama Mantan Ka.Satker Wil II Sulbar, Ir.Muh.Syukur(photo:bnq)

BANNIQ.COM.Sulbar. Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII Makassar sebagai lembaga Kementerian PU PR di Daerah yang bertanggung jawab melaksanakan pembangunan, Peningkatan dan pemeliharaan jalan di koridor Sulawesi Selatan dan Barat, Sepanjang 1700 KM untuk Sulsel dan 700 KM Sulbar.

Untuk tahun 2018, khusus di wilayah Provinsi Sulbar yang terbagi dalam dua wilayah kesatkeran telah menyelesaikan pembangunan dan peningkatan jalan puluhan Kilometer baik dari Jalur Salubatu Mambi., Polewali,Tabone, Tabone Mamasa maupun Mala’bo Mambi.

” Tahun Anggaran 2018 BBPJN XIII Makassar telah menyelesaukan pembangunan jalan negara dari jalur Salobatu-Mambi sepanjang 43 KM, Juga, Polewali-Tabone-Tabone -Mamasa, Jalur lainnya yakni Mambi-Mala’bo sepanjang 5 KM, di tahun  2019 kita akan lanjutkan kembali pembangunan jalur-jalur jalan tersebut,” Terang Kepala BBPJN Wilayah XIII Makassar, Ir.H.Miftahul Munir,MT belum lama ini di Mamuju.

Salahsatu Ruas Jalan di Sulbar(Poros Mamuju-Mambi) yang telah dibangun BBPJN XIII Makassar(photo:repro)

Kemudian untuk jalur lainnya Sambung Miftahul, Seperti Mamasa-Tabang yang menghubungkan akses ke Kabupaten Tator, sementara didesain dan sekira tahun 2020 sampai dengan 2024 direncakan akan dibuat kontraknya.

” Untuk jalur Mamasa Tabang yang tembus ke Toraja, saat ini masih didesain di Kementerian PUPR, Kontraknya kemungkinan tahun 2020 sampai 2024,” Timpalnya.

Kemudian untuk lanjutan Jalan arteri, sebut Miftahul untuk sementara belum bisa dilanjutkan, karena berbagai aspek yabg mesti jadi pertimbangan seperti Lahan dan aspek lingkungan dan tentunya membutuhkan dana besar.Namun untuk transisinya masih Kata Miftahul, Tahun 2019 BBPJN akan melebarkan jalur jalan dari Kota Mamuju ke Bandara Tampa Padang untuk mengurai kemacetan.

” Sebagai transisi pembangunan jalan Arteri, BBPJN akan melakukan pelebaran bahu jalan, meskipun jalurnya kita tidak lebarkan tetapi bahu jalan yang akan kita padatkan, nantinya mungkin bisa untuk jalur sepedamotor,ini untuk mencegah Lakalantas juga untuk mengurangi kemacetan jalur menuju Bandara,” Pungkasnya.|Smd

Berita Terkait: