Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Kalangan Mahasaiswa, KPU Polman Gelar Kegiatan Goes To Campus

BANNIQ.COM.Polewali. Peningkatan partisipasi pemilu pada pemilu serentak 2019 adalah salah satu indikator keberhasilan Komisi Pemilihan Umum dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, KPU kabupaten Polewali Mandar mengelar Goes to campus Peningkatan partisipasi pemilu pada pemilu serentak 2019 adalah salah satu indikator keberhasilan Komisi Pemilihan Umum dalam penyelenggaraan pesta demokrasi,  yang dikemas dalam bentuk kegiatan Music dan talkshow dengan topik “Peranan kampus dalam mengawal pemilu serentak 2019” Alun-Alun Polewali Mandar. Sabtu, 6 Oktober 2018 malam.

Kegiatan ini dikemas dengan santai dengan mengahadirkan duo Stand Up Comedy Indopolman Ahmad Zet dan Tyo sebagai pemandu acara. Sementara yang tampil sebagai narasumber ketua KPU Polman H.M.Danial dan dari akademisi masing – masing dari Universitas Al Asyariah Mandar UNASMAN yang juga direktur Institute of Riserch and Demokracy (IRD) Munawir Arifin dan Ketua Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam IAI DDI Polman Mirhant.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU Polman antara lain menyebutkan, bahwa kalangan kampus sebagai pemilih rasional memiliki peranan yang sangat penting dalam mengawal pemilu serentak 2019 yang aman, damai tentram dan sejuk, olehnya itu kalangan mahasiswa juga diajak mengawal pesta demokrasi ini dengan cara bisa menjadi petugas KPPS di setiap TPS diamana dia bertempat tinggal. “Perlu kami sampaikan bahwa pada pemilu serentak 2019 nanti KPU akan melakukan penambahan TPS sekitar 1200 lebih, apalagi rata- rata penyelenggara pemilu sudah ada yang 2 periode, dalam aturan KPU tidak bisa penyelenggara menjabat 2 Periode termasuk petugas KPPS, dengan demikian KPU membutuhkan banyak tambahan petugas KPPS, olehnya itu kami harapkan para Mahasiswa mengambil peran untuk ikut serta sebagai penyelenggara ditingkat KPPS”. Ujarnya.

Hal tersebut di kemukakan Danial, untuk menjawab kekuatiran terjadi kerisis penyelenggara tingkat bawah.

Sementara itu Direktur IRD yang juga akademisi dari UNASMAN Munawir Arifin mengatakan masyarakat kampus perlu mengambil peranan penting dalam megawal pesta demokrasi pemilu serentak 2019, ia juga menyatakan sepakat jika para kalangan kampus khususnya mahasiswa tidak hanya jadi penonton tapi ikut serta mengawal sebagai pemilih yang dinilainya sebagai pemilih rasional.

Ditempat yang sama Ketua Program Studi KPI IAI DDI Polman Mirhant mengajak para mahasiswa untuk memberikan informasi yang benar dan sejuk, dan tidak ikut serta menyebarkan berita- berita hoax, sehingga pemilu serentak ini berjalan Aman, damai dan sejuk.

Kegiatan goes to kampus yang dilaksanakan KPU Polman juga dibuka sesi intraktif dengan para peserta. Acara ini dihadiri organisasi luar dan dalam kampus seperti Badan Eksekutif Mahasiswa dari sejumlah kampus se Polman, juga di ikuti Siswa – siswi SMA sebagai pemilih pemula serta dari kalangan komunitas relawan demokrasi (Korelasi).(rst/s)

Berita Terkait: