Unsulbar Butuh Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Good Governance

Balon Rektor Unsulbar,Prof.Muhammad Amri, Ph.D.bersama Bupati Pasangkayu, Ir.H.Agus Ambojiwa(photo:dok)

BANNIQ.COM.Sulbar. Unsulbar sebagai Perguruan Tinggi  kebanggaan Provinsi Sulawesi Barat, dengan predikat PTN yang telah disandangnya sejak tahun 2013 tersebut, untuk pengembangannya  membutuhkan sentuhan pengelolaan yang berbasis “Good Governance“.

Dengan tata kelola yang baik, maka Unsulbar akan menjadi Perguruan tinggi yang berkualitas dan akan menjadi bagian penting untuk mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Sulawesi Barat.” Sebuah perguruan tinggi yang baik harus dikelola dengan tata kelola berdasarkan prinsip  Good Governance, semua mesti berjalan secara baik, transparan dan akuntabel, Ujar mantan Ketua Tim persiapan pendirian  Unsulbar, Prof. Muhammad Amri,Ph.D., yang juga sebagai salah satu balon Rektor Unsulbar pada Pilrek tahun 2018 ini, di Mamuju Minggu(22/9/2018).  

Secara linear dalam amatan mantan Wakil Rektor II Unsulbar  ini, gerakan percepatan pengembangan Unsulbar dinilai masih lambat, terutama pada aspek pengembangan sarana dan prasarana juga peningkatan kapasitas kerjasama lembaga khususnya untuk pemberian bantuan beasiswa kepada para mahasiswa.

Padahal untuk bantuan pembangunan sarana dan prasarana itu sendiri, 5 Pemkab di Sulbar telah sepakat untuk memberi bantuan pembangunan ruang perkuliahan untuk mahasiswa.” Hitungannya sederhana, bila satu pemkab siap membantu anggaran pembangunan gedung perkuliahan 1 ruangan pertahum dikali 5 Pemkab, maka dalam masa 4 tahun dapat terbangun duapuluh ruangan, tetapi hal ini belum dilakukan selama ini,”   Urainya.

 

Kemudian dari aspek pengembangan kemahasiswaan, Sambung Prof.Amri, Unsulbar dapat bekerjasama dengan Pemprov ataupun Pemkab untuk bantuan beasiswa kepada  mahasiswa.” Bila kerjasama dapat dibangun dengan pemerintah, baik Pemprov maupun pemkab untuk pemberian bantuan beasiswa bagi mahasiswa, 1000 mahasiswa pertahun, maka dalam waktu 4 tahun 4000 mahasiswa mendapatkan beasiswa,” Imbuhnya.

Untuk itu bila kelak ia terpilih sebagai rektor Unsulbar, sambung Prof.Amri dirinya akan melakukan evaluasi terhadap proses yang telah berjalan selama ini di Unsulbar.” Tentunya kita akan melakukan evaluasi terhadap proses yang telah berjalan di Unsulbar selama ini, apa yang telah berjalan dengan baik maka kita lanjutkan, dan yang kurang atau belum baik kita akan perbaiki,” Pungkas Ketua Kelompok Kerja SDM Sulbar ini.(smd)

Berita Terkait: