Untuk Smart City,Pemprov Target Pergub IT

Keterangan Photo: Sekprov Sulbar,Drs.H.Ismail zainudfin,M.Pd(photo:Zul)

Banniq.com.Sulbar

Pemprov Sulbar terus melakukan terobosan agar bisa setara dengan provinsi lainnya. Salah satu terobosan yang digadang-gadang akan dibentuk dalam waktu dekatĀ  ini adalah Peraturan Pengembangan Informasi yang berbasis IT.

Sekretaris Provinsi, Ismail Zainuddin menuturkan, Pergub ini sebagai upaya mendorong agar pemerintah kabupaten mengembangkan IT di daerahnya. Dimana segala informasi akan disimpan dalam bentuk digital sehingga dapat diakses luas oleh masyarakat.

“Memang sudah saatnya kita memaksimalkan penggunaan teknologi. Apa yang kita rencanakan kedepan terkait pengembangan IT ini sangat besar, karena itu perlu adanya Pergub. Yang jelas, kita ingin punya sistem yang bagus dan cepat dalam rangka melayani masyarakat. Sistem yang dimaksud adalah aplikasi di bidang pemerintahan,” ujar Ismail, Kamis 13 Juli.

Dia juga menuturkan, untuk mewujudkan sistem digital pemerintahan, tidak akan mungkin mampu dikerja sendiri oleh Diskominfo Sulbar. Sebab itu, dalam pengelolaan informasi nantinya akan melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengelola informasi untuk dipublikasikan ke masyarakat.

“Sedangkan, posisi Diskominfo bersama Telkom nantinya menyediakan fasilitas baik dalam instansi pemerintahan maupun di dalam masyarakat,” tuturnya

Salah satu program yang pernah dijanjikan, lanjut Ismail, adalah dimasukkannya jaringan telekomunikasi di daerah pelosok, sehingga warga pelosok seperti di Kalumpang, Bonehau, termasuk di Balabalakang lebih mudah mengakses informasi.

Namun, dikatakan Ismail, untuk memasukkan fasilitas telekomunikasi di sejumlah daerah itu, tentu ditunjang dengan sarana lain. Salah satunya, kebutuhan listrik. Dia mengaku sejumlah daerah di Sulbar harus mengutamakan listriknya, karena kedepan, seiring merencanakan pengembangan IT, juga mengejar pembangunan pembangkit tenaga listrik.

Dia mencontohkan, sejumlah desa di Balabalakang masih terbatas dalam hal pemenuhan listrik. Melihat hal itu, tentu tidak mendukung untuk dimasukkannya telekomunikasi. “Sebab itu, melalui Pergub ini provinsi bersama kabupaten mendorong pengembangan IT, khususnya di daerah pelosok,” ungkapnya.

Terpisah Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menambahkan pihaknya sedang melakukan pembahasan terhadap rancangan Pergub IT. “Kami telah membahas rancangan Pergub ini dengan berbagai pihak. Kalau tidak ada halangan Pergub IT bisa rampung tahun ini, kalau tidak paling lambat pertengahan tahun 2018,” pungkas mantan Bupati Polman itu. (kif/s)

Berita Terkait: