Urai Kisah Perjalanan Hidup, Kapolda Sulbar Wawancara Eksklusif dengan TVRI

BANNIQ.COM.Sulbar.- Cita-cita menjadi seorang Polisi adalah harapan banyak orang karena tugasnya yang mulia dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjaga ketertiban.

Untuk itu, Tim TVRI Sulawesi Barat tertarik melakukan wawancara  langsung bersama Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si yang menjadi sosok panutan atas Inovasi-inovasinya dalam membangun Sulawesi Barat, Kamis (18/10/18) di Ruang Kerja Kapolda Jl. Aiptu Nurman Kalubibing Mamunyu.

Ashari Rauf sebagai pembawa acara menyodorkan beberapa pertanyaan kepada Kapolda terkait perjalanan hidupnya, Bagaimana menyikapi tugas-tugas yang berpariasi dan Inovasi-inovasi apa saja yang dilakukan dalam menunjang tugas sehingga bisa terus mengawal sulbar tetap aman dan kondusif.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar secara panjang lebar menjelaskan perjalanan hidupnya mulai keluarganya hingga ia besar menjadi AKABRI di tahun 80an yang tentunya dilalui dengan lika-liku.

Satu hal yang menarik dan harus kita jadikan contoh dari kisah kehidupan Kapolda Sulbar adalah usaha dan kerja kerasnya yang pantang menyerah di sertai dengan Doa.

Kunci keamanan itu adalah harus menjaga hubungan kepada Allah Subuhanahu Wataalah dan kepada sesama manusia “Hablum Minallah Wahablum Minannas,” Kata Kapolda.

Olehnya itu, Program Mioro siola dan gerakan Sholat Subuh berjamaah serta menjaling silaturahim keseluruh pihak adalah andalan kami menjaga keaman dan ketertiban di Sulbar.

Mioro siolah adalah wadah intekrasi Polisi dan Masyarakat sehingga terwujud kesetaraan dalam memusyawarakan segala permasalahan dan dituai solusi.

Untuk mengajak orang kepada kebaikan memang harus dimulai dari tempat-tempat ibadah, maka dari itu kami aktif mengajak masyarakat memakmurkan masjid, gereja, biara, pure dan sebagianya.

Karena semua pihak mengharapkan ada sentuhan sehingga masyarakat secara keseluruhan merasa terayomi oleh Kepolisian.

Disamping itu, Kapolda Sulbar juga berpesan biarlah popularitas tidak didapatkan di dunia tapi popularitas kita bisa dapatkan di Akhirat sehingga pelaksanaan tugas yang kita lakukan maksimal.

“Modal untuk menyelesaikan permasalahan adalah dengan memberikan contoh,” tutur Kapolda

Saat ditanya tentang Sumber Inspirasi Kapolda Sulbar, pihaknya menjawab teladan yang paling baik adalah Rasulullah mulai dari pekataan dan tingkahlakunya semuanya mencerminkan kebaikan.

Jadi kalau kita jadikan sosok Rasulullah sebagai teladan maka In Syaa Allah Negeri ini akan aman.(hmsp/s)

Berita Terkait: